Blogging memiliki banyak sekali keuntungan. Namun, masih sangat sedikit sekali masyarakat luas yang menggunakan jasa bloggers. Dari hasil pengamatan saya, baru beberapa lembaga atau perusahaan yang menggandeng kalangan blogger untuk mengenalkan produk yang mereka miliki. Salah satu potensi blogging adalah sebagai media untuk melakukan sebuah promosi.
Seiring dengan kemajuan teknologi
internet, interaksi masyarakat secara perlahan namun pasti mulai
menggunakan media online sebagai tumpuan untuk mencari informasi.
Sayangnya masyarakat Indonesia kurang begitu peka dengan tuntutan ini.
Salah satu contohnya adalah untuk mencari sebuah informasi seperti
rental mobil maka masyarakat yang melek teknologi akan memanfaatkan
search engine seperti Google untuk mencari informasi sebanyak mungkin
tentang rental mobil di suatu wilayah. Dengan semakin banyaknya media
online memuat satu informasi yang sama, maka secara tidak langsung
reputasi perusahaan rental mobil tersebut akan terangkat. Dengan mudah
masyarakat menemukan informasi suatu rental mobil dari berbagai media
online seperti blog.
Hal ini tentu kontras dengan situasi di
negara yang melek teknologi seperti Australia. Dari pengalaman pribadi,
saya beberapa kali diminta untuk menulis artikel tentang suatu kampus.
Tentu permintaan seperti ini dalam rangka promosi kampus tersebut
sehingga ketika seorang calon mahasiswa akan studi ke Australia maka dia
akan menemukan sebuah tulisan online tentang kampus tersebut. Media
promosi yang melibatkan blogger dari kalangan mahasiswa ternyata sangat
getol sekali dilakukan. Penawaran untuk mahasiswa yang ingin menulis
artikel tentang kampus secara teratur terus dipromosikan.
Di bawah ini 5 keunggulan blogging sebagai media promosi:
- Blogging sebagai media promosi yang murah meriah. Tidak tarif pasti untuk setiap artikel yang ditulis oleh seorang blogger. Semua tergantung negosiasi pengiklan dan blogger.
- Blogging sebagai media promosi yang terarah. Setiap blog memiliki tema yang pasti sehingga memiliki pembaca yang lebih terarah.
- Blogging sebagai media promosi bergengsi. Tidak sedikit blog ditulis oleh blogger professional yang memang memahami betul dunia yang digelutinya. Jika suatu artikel bisa muncul di blog yang istimewa tersebut, maka informasi yang dimuat juga akan ikut terangkat.
- Blogging sebagai media promosi terpecaya. Blogger tidak ingin mengorbankan reputasinya untuk menulis sesuatu yang menjerumuskan pembacanya. Jadi ketika sebuah informasi ditulis oleh seorang blogger, maka informasi tersebut akan berubah menjadi sebuah rekomendasi langsung.
- Blogging sebagai media informasi yang tahan lama. Tidak seperti media cetak, sebuah informasi yang ditulis di dunia maya akan bertahan lama, bahkan bisa bertahun-tahun selama blog tersebut masih online.
Perkembangan teknologi yang kian cepat
turut membuat dunia informasi komunikasi semakin berkembang. Tak
terkecuali dalam bidang pemasaran, kehadiran internet telah menjadi
salah satu media promosi yang sangat menunjang dalam memperkenalkan
serta menjual berbagai produk melalui sebuah blog atau website. Bagi
Anda yang sedang menggeluti dunia jualan online, tak ada salahnya untuk
memanfaatkan blog sebagai media promosi toko online Anda untuk menarik
banyak pengunjung.
Dalam lingkungan masyarakat yang melek
teknologi, belanja online telah menjadi sebuah kebiasaan baru yang
sangat digemari. Selain berkunjung langsung ke website toko online, para
calon pembeli juga kerap memanfaatkan search engine seperti Google
untuk mencari informasi tentang barang yang mereka butuhkan. Jika
semakin banyak blog yang memuat informasi tentang toko online dan produk
yang sedang Anda jual, maka kesempatan untuk menjaring para pembeli
juga semakin besar. Walau belum tentu mereka membelinya saat itu juga,
namun setidaknya mereka telah mengetahui keberadaan toko online Anda dan
kemungkinan akan datang kembali ketika mereka telah membutuhkan produk
yang Anda jual.
Blog sendiri memang media sosial yang
khusus dirancang oleh Google untuk mereka yang ingin berbagi informasi
melalui tulisan. Artikel yang di share bisa mengenai hobi, seputar tips,
sesuatu yang unik, kisah hidup, bahkan sedang trend berjualan melalui
blog. Anda pun diberikan pilihan, ingin blog gratis atau berbayar.
Tentu, perbedaan antara yang gratis dan berbayar adalah pada layanan
fitur-fitur yang lebih lengkap. Semakin menarik tulisan yang Anda pajang
pada blog, semakin banyak pula blog Anda dikunjungi. Setiap tulisan
yang Anda buat di blog pun dapat di share ke media sosial lainnya
seperti Twitter, Facebook, bahkan forum-forum online dengan memberikan
page link, sehingga tulisan Anda dapat menyebar lebih luas.
DIPOSTING OLEH:
NPM:1111050017
NAMA:Indra Purnawan S.Kom
KELAS :S02
NPM:1111050017
NAMA:Indra Purnawan S.Kom
KELAS :S02
Tidak ada komentar:
Posting Komentar